Minggu, 21 Maret 2010

Hukum Permintaan dan Penawaran

Hukum permintaan dan penawaran adalah hukum dasar dari ilmu ekonomi merupakan basis utama dari terjadinya suatu ekonomi pasar. Untuk menjelaskannya mari kita lihat contoh sehari-hari.

Hukum Permintaan dan Kurva permintaan

Pernahkah anda membeli sebuah baju di sebuah pasar atau mal ? Bila anda membeli baju tersebut dengan asumsi bahwa kualitas sudah terjamin, yang dilihat selanjutnya adalah harga bukan ? Bila harganya relatif murah maka anda akan mempertimbangkan untuk membeli lebih dari satu kan ? Dengan kata lain masyarakat pembeli akan membeli lebih banyak baju bila harganya ada diskon. Sedangkan pembelian akan berkurang bila harganya naik.

Jadi secara sederhana kita bisa mendefinisikan hukum permintaan adalah dengan asumsi bahwa hal lainnya bersifat tetap maka bila harga suatu barang/jasa naik maka permintaannya akan menurun dan begitu juga sebaliknya. Yang dimaksud dengan kurva permintaan adalah kurva yang terbentuk dari penentuan titik titik dalam grafik yang merepresentasikan hukum permintaan dimana sumbu X-nya berupa kuantitas (Q=Quantity) dan sumbu Y nya berupa Harga (P=Price) sehingga membentuk slope yang negatif / menurun seperti berikut.


Hukum Penawaran dan Kurva Penawaran

Misalkan kita adalah produsen pabrik dari baju yang dijual di pasar. Hukum penawaran mengisyaratkan bahwa saat harga dari baju tersebut naik di pasaran, maka kita memproduksi lebih banyak baju agar mendapatkan keuntungan. Dengan kata lain misal baju kita adalah baju lebaran, saat harga baju meningkat maka akan semakin banyak toko yang menawarkan baju tersebut karena berharap bisa mendapatkan untung yang lumayan.

Secara sederhana di definisikan yaitu apabila harga suatu barang/jasa naik maka kuantitas dari barang/jasa yang ditawarkan juga meningkat dan juga sebaliknya. Yang dimaksud dengan kurva penawaran adalah kurva yang terbentuk dari penentuan titik titik dalam grafik yang merepresentasikan hukum penawaran dimana sumbu X-nya berupa kuantitas (Q=Quantity) dan sumbu Y nya berupa Harga (P=Price) sehingga membentuk slope yang positif/ menaik seperti berikut.

Hubungan antara Permintaan( D) dan penawaran (S) serta Equilibrium

Seperti contoh diatas, misalkan baju yang dijual telah dijual dengan harga yang telah ditetapkan berdasarkan penelitian pasar sebesar Rp 40.000 maka jumlah baju yang di produksi untuk ditawarkan sebesar 8 potong.Penelitian pasar tersebut didasarkan bahwa untuk mencapai harga yang Rp 40.000 maka jumlah yang produsen tawarkan hanya 8 potong , bila harganya bisa melebihi Rp 40.000 maka jumlah potong baju yang ditawarkan akan naik pula sesuai hukum penawaran..Tetapi bila ternyata permintaan baju tersebut lebih dari 8 orang maka sesuai hukum permintaan maka harga baju tersebut pasti akan naik dengan sendirinya mengingat stoknya hanya 8 potong sementara permintaannya lebih dari itu.

Bila pada suatu saat jumlah permintaan (D) dengan penawararan bertemu , yakni pada suatu titik perpotongan , maka kondisi tersebut adalah kondisi ideal dimana jumlah barang yang diproduksi untuk ditawarkan sama dengan jumlah dari permintaan terhadap barang tersebut. Kondisi ekonomi ini disebut dalam keadaan equilibrium. Pada titik ini alokasi dari pemakaian sumberdaya untuk menghasilkan barang adalah optimum effisien karena seluruh jumlah barang/jasa yang diproduksi pas sekali dengan jumlah permintaan barang oleh pasar.

Di dalam dunia nyata kondisi seperti ini dimana jumlah permintaan sama dengan jumlah penawaran tidak pernah terjadi dan hanya bersifat teoritis.

Disekuilibrium

Yang dimaksud dengan disekuilibrium adalah keadaan dimana kondisi harga tidak ketemu pada titik ekuilibrium yaitu pada titik P* dan Q*. Ada beberapa jenis kondisi disekuilibrium :

a. Kelebihan Penawaran (Excess Supply)

Yang dimaksud dengan kelebihan penawaran adalah suatu kondisi dimana penetapan suatu harga (P1) mengakibatkan kuantitas penawaran (Q2) menjadi lebih besar dari kuantitas permintaan yang sebenarnya (Q1). Ini mengakibatkan terjadinya inefisiensi dalam hal pengaalokasian sumber ekonomi karena harga ideal sebenarnya adalah mnuju lebih kecil dari yang ditetapkan.

Contoh dari kelebihan penawaran ini adalah penetapan floor price (harga dasar) oleh pemerintah misalnya UMR yang bertujuan menjaga penetapan upah pekerja yang dapat memenuhi kebutuhan hidup minimum misalnya Rp. 725.000 tetapi bila hukum permintaan diikuti maka dengan besarnya jumlah tenaga kerja maka kenyataannya masih banyak angkatan kerja yang bersedia bekerja walaupun dibawah UMR.

b. Kelebihan Permintaan (Excess Demand)

Yang dimaksud dengan kelebihan permintaan adalah suatu kondisi dimana dengan penetapan harga seharga P1 mengakibatkan kuantitas permintaan (Q2) lebih besar dari pada kuantitas penawaran (Q1) sehingga terjadi pengalokasian sumber ekonomi yang tidak optimum karena kuantitas yang sebenarnya diminta pasar lebih besar dari yang ditawarkan.

Contoh dari kelebihan permintaan ini adalah penetapan ceiling price oleh pemerintah sebagai suatu kebijakan harga tertinggi misalnya Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk minyak tanah. Pada saat stok minyak tanah sedang terbatas pada suatu wilayah, maka harga tertinggi ditetapkan agar rakyat banyak yang pada umumnya berstatus sosial ekonomi kurang makmur sanggup membeli minyak tersebut, padahal bila hukum permintaan dituruti dengan permintaan / demand minyak tanah begitu tinggi , harga bisa melonjak naik melebihi ketentuan pemerintah.

sumber : www.belajarekonomi.com

Artikel Terkait:

12 komentar:

harto on 22 Maret 2010 06.25 mengatakan...

bersilaturahim kemari... dapat ilmu ekonomi niiih, kalo saya belanja berdasarkan kebutuhan aja n lihat harga2 pasar yang ada dan disesuaikan dengan keuangan yang ada. kalo ga cukup uangnya yaa ditunda dulu deh.

trims atas ilmunya sangat membantu, sukses selalu n tetap semangat.

Yang dinamakan kekayaan bukanlah banyaknya harta-benda tetapi kekayaan yang sebenarnya ialah kekayaan jiwa (hati). (HR. Abu Ya’la)

Johnson Manurung on 22 Maret 2010 07.42 mengatakan...

jadi ingat sewaktu sekolah sahabat, nice posting & menyegarkan.

deekkyy on 22 Maret 2010 12.58 mengatakan...

wah pelajaran ekonomi nih..hehehe
kunjungi blog ku ya..jangan lupa komentarnya...happy blogging
http://deekkyy.blogspot.com

andy on 24 Maret 2010 15.59 mengatakan...

wah udah lama aku ga belajar teori ekonomi sob, eh disini sobat bahas, jadi inget lagi deh. Walaupun sebenarnya kita setiap hari pasti tetep melakukan hukum permintaan dan penawaran seperti ini. THank sob infonya, jadi pengen belajar lagi hehehe

aa' mil on 27 Maret 2010 06.20 mengatakan...

Hmmm.... tambah ilmu nih, trims

Edwin's Personal Blog on 28 Maret 2010 06.56 mengatakan...

Buat refresh ingatan saya nih, mas Rendy. Jadi inget saat kuliah dulu, hehehe

Bisnis Online Rahasia Dahsyat Hidup Sukses dan Uang Melimpah on 16 Mei 2010 13.55 mengatakan...

hm.... musti belajra dari sini nich

ArenaBetting.com Dukung Fair Play FIFA World Cup AFSEL 2010 on 16 Mei 2010 13.59 mengatakan...

perlu lebih banyak lagi belajar dari sii kang

Nikmaya John on 3 Maret 2011 05.43 mengatakan...

Ngikut mbaca2 gan, biar tambah ilmu,, hehehe

foredi on 12 Juli 2014 11.43 mengatakan...

bagus sekali informasi yg agan berikan sangat menarik dan bermanfaat thanks gan, ijin share berbagi info :)

payudara kencang on 12 Juli 2014 11.46 mengatakan...

terima kasih atas informasinya. Sukses ya Terimakasih banyak telah berbagi informasnya,sukses selalu untuk info beserta websitenya,,

cara memperbesar payudara on 12 Juli 2014 11.49 mengatakan...

teirma kasih banyak karena sudah berbagi berita yang sangat menarik. terima kasih banyak atas beritanya.

Poskan Komentar

Terima kasih sudah komentar disini, komentar sobat sangat berarti bagi saya. Tinggalkan pesan di Link Exchange untuk sobat yang mau bertukar link.

 

Friends

Traffic Kunjungan

Sharing ilmu Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template

All About Blogging and News Action Aid Fundraiser Loans and Credit Repair Personal Beauty My Natural Touch Homes Orlando Native Today Hot News Hot News Latest Latest Sport News Latest Celebrity News Info Lowest Mortage Interest Rate Entertainment News Reborn Auto Sales Home Improvement Music Info Video Maker Workshops Quick Weight Loss Diet Latest News