Senin, 15 Februari 2010

Security Banking

Di dalam dunia perbankankomputer salah satu infrastruktur wajib. Eksistensi TI tidak cuma memberikan manfaat besar tapi juga risiko yang menganga lebar. Keseragaman kanal komunikasi data secara global berbasis komputer, adalah buah simalakama karena tak pelak sistem sebuah bank bersentuhan dengan sistem publik. Pada zaman Koboi, merampok bank biasa dilakukan dengan senjata api dan kenekatan. Pada saat ini orang hanya perlu sebuah komputer dan koneksi Internet, semakin maju perkembangan teknologi semakin canggih pula tingkat kejahatannya, sehingga kita harus selalu waspada dan tidak meremehkan terhadap keadaan sekitar. Padahal, dengan kemajuan internet saat ini, bank harus meningkatkan sumber daya, pengetahuan, dan juga security system mereka. Kadang kala, sering ditemui, security management infrastructure tidak mereka miliki.

Bank harus lebih memperkuat sistem keamanan tabungan nasabah. Faktanya sistem keamanan transaksi via ATM misalnya, masih banyak ATM yang tidak dilengkapi closed circuit television (CCTV). Pihak bank tidak cukup hanya sekadar mengimbau nasabah untuk setiap saat mengganti personal identification number (PIN). ATM adalah fasilitas perbankan yang dalam setiap transaksi dibenani biaya. Bobolnya dana nasabah lewat ATM telah mempengaruhi psikologi konsumen. Apalagi faktor keamanan merupakan masalah besar sistem perbankan di negara kita.


Solusinya, bank harus memulai dengan meng-upgrade SDM mereka agar mengerti konsep security dan terlibat sejak awal mengenai security system bank tersebut. Dengan demikian, faktor manusia memang menjadi kunci dalam security system dalam suatu perusahaan. Orang-orang yang berkaitan dengan security tidak hanya bertugas untuk menjalankan tugas dan mengantisipasi masalah yang dilakukan orang lain, tapi orang tersebut juga harus terlibat dalam security system sebuah perusahaan sejak awal.

Artikel Terkait:

4 komentar:

Warna Tulisan on 16 Februari 2010 07.30 mengatakan...

satuju sekali sahabat, karena Bank adalah lembaga kepercayaannya dimana tingkat security haruslah mendapat perhatian tinggi.

Edwin's Personal Blog on 16 Februari 2010 17.29 mengatakan...

Bank harus mengakui, sistem pengamanan ATM mereka banyak yg belum maksimal. Banyak yg masih enggan mengalokasikan dana utk pengembangan sistem pengamanan ATM security-nya. Tapi jgn kuatir, bank tetap meningkatkan kepedulian kpd nasabahnya. Mereka kini customer-oriented..

kang tejo on 20 Februari 2010 02.10 mengatakan...

betul2 bank harus lebih menyiapkan keamanan serta segera bertindak jika terjadi masalah seperti kmarin adanya pencurian uang di ATM

Rizky2009 on 27 Februari 2010 08.53 mengatakan...

saat ini kemanan banking yg paling aman adalanh bank BCA menurut kabar berita

Renungkan Wahai Sahabat Ku

Posting Komentar

Terima kasih sudah komentar disini, komentar sobat sangat berarti bagi saya. Tinggalkan pesan di Link Exchange untuk sobat yang mau bertukar link.

 

Friends

Traffic Kunjungan

Sharing ilmu Copyright © 2009 Community is Designed by Bie Blogger Template

All About Blogging and News Action Aid Fundraiser Loans and Credit Repair Personal Beauty My Natural Touch Homes Orlando Native Today Hot News Hot News Latest Latest Sport News Latest Celebrity News Info Lowest Mortage Interest Rate Entertainment News Reborn Auto Sales Home Improvement Music Info Video Maker Workshops Quick Weight Loss Diet Latest News